.

Nokia 5800 XpressMusic – Telepon Layar Sentuh Pertama 'Nyata'?

Untuk mengatakan bahwa Nokia 5800 XpressMusic sangat ditunggu-tunggu adalah sebuah pernyataan yang meremehkan. Bocoran gambar dari ponsel layar sentuh Nokia pertama yang dikenal dalam pengembangan sebagai 'Tube,' (mungkin mengacu pada layar panjang dan sempit) melakukan putaran dan tersusun oleh media online, sementara cameo di Dark Knight yang dinominasikan oleh Oscar film dan video comeback Britney membuat massa menjadi busa.

Akhirnya 5800 XpressMusic berada di tangan manusia dan juga para miliarder fiktif, tetapi apakah itu baik dalam daging?

Itu bukan iPhone. Mari kita singkirkan itu, segera . Keduanya memiliki layar sentuh, keduanya secara mengesankan specced, dan keduanya menangani multimedia dengan baik. Namun, tombol merah, hijau dan putih di bagian bawah handset mengingatkan Anda bahwa ini adalah Nokia, dan menekan tombol ini (atau menggeser tombol kunci di sisi kanan) membawa layar ke kehidupan menegaskan kembali fakta.

Desain-bijaksana, ini adalah Nokia segera dan rapi. Bentuk kokoh, tepi melengkung, citra sidik jari di belakang, segala sesuatu tentang kualitas 5800 XpressMusic jeritan, tetapi tanpa sentuhan mewah dari perangkat N-series seperti Nokia N96.

Dilengkapi dengan kamera 3,2 megapiksel dengan flash LED ganda, layar nHD 640 x 360, kamera kedua untuk panggilan video, GPS built-in dan memori 8GB sebagai standar (dapat ditingkatkan hingga 16GB), Anda pasti mendapatkan banyak bang untuk uang Anda dengan 5800.

Meskipun menjalankan perangkat lunak layar sentuh Symbian S60 edisi ke-5 baru yang mengkilap, Nokia 5800 XpressMusic terasa seperti bisnis seperti biasa, dengan tata letak ikon 4 x 3 standar di balik layar awal yang jarang.

Ini jelas merupakan evolusi daripada revolusi, karena antarmuka Nokia mudah dinavigasi jika Anda pernah terkena handset dari pabrikan Finlandia dalam beberapa tahun terakhir.

Ponsel ini dirancang agar berfungsi baik dari potret maupun lansekap, tetapi hal pertama yang diperhatikan ketika mencoba memanfaatkan ini adalah bahwa 5800 membenci orang yang ditangan kiri. Benci mereka.

Akselerometer hanya berfungsi ketika memutar ponsel ke kiri hingga 90 derajat, yang berarti semua fitur dari pemutaran media hingga penelusuran bahkan menavigasi menu harus dilakukan dengan ponsel yang memiringkan cara 'salah' bagi saya.

Pada gilirannya, menggunakan plectrum berbentuk dua termasuk styli (itu adalah telepon musik) di tangan yang salah menjadi tugas, dan benar-benar meninggalkan kurva belajar yang lebih curam untuk menggunakan telepon daripada yang diharapkan.

Hal lain yang membuat beberapa orang mulai terbiasa adalah ketidakkonsistenan antarmuka pengguna dalam hal cara menavigasi. Kadang-kadang pemilihan item membutuhkan satu ketukan, kali lain diperlukan penekanan ganda, beberapa menu menggunakan metode iPhone 'ambil untuk menggulir', sementara yang lain membutuhkan sidebar untuk menggulir ke atas dan ke bawah Windows Mobile-style.

Di atas itu ada tombol sentuh media bar yang ada di atas seluruh layar sentuh di sebelah logo 'XpressMusic', memberikan akses instan ke menu dropdown untuk musik, gambar, berbagi media, video dan browsing. Sebagai tambahan selamat datang, hanya penambahan metode navigasi yang lain lagi yang tidak jelas mengenai arah telepon sentuh Nokia yang pertama.

Ini memanjang untuk memasukkan teks untuk pesan dan sejenisnya. Menawarkan keypad alfanumerik tradisional, QWERTY sepenuhnya, QWERTY setengah layar dan pengenalan tulisan tangan tampaknya terlalu banyak kompensasi karena tidak menemukan input yang dapat diandalkan secara definitif di layar mereka. Atau mungkin mereka masih memikirkan pasar Asia, yang masih besar pada input karakter dan penggunaan stylus sementara seluruh dunia bersentuhan gila …

Input menggunakan jari sering terasa kasar dan tidak yakin kecuali layar ditekan apa yang terasa terlalu keras, dan bahkan umpan balik haptic yang mengesankan tidak cukup jika kecepatan adalah esensi ketika menulis pesan. The 5800 pasti tampak lebih bahagia saat menggunakan stylus, atau bahkan plectrum.

Satu tempat yang sangat mengesankan adalah 5800 XpressMusic multimedia. Pemutaran video yang tajam dan jelas, dan aspek rasio 16: 9 datang ke dalamnya sendiri ketika menonton BBC iPlayer atau video dari kartu memori. Yang pertama adalah sentuhan choppier daripada output digital iPhone dari Beeb terbaik, tetapi kualitas gambarnya masih bagus.

Audio bagus, speaker stereo di sisi kiri 5800 sabuk keluar nada pada pukulan yang adil, dan pilihan musik dalam hal pemutaran lebih dari cukup untuk penggemar. Jack headphone ditempatkan di pusat mati di bagian atas telepon, dan sepenuhnya diterima.

Browsing dengan Nokia adalah … rata-rata. Setelah dimanjakan oleh Opera dan Safari yang licin di ponsel-ponsel sensitif lainnya, browser Nokia cukup memadai, tetapi tidak memiliki opsi peremajaan dan perenderan teks yang manis seperti yang dimiliki orang lain. Juga masalah dengan lansekap untuk hander kiri belakang kepala jelek mereka lagi … Namun, pemutaran Flash di dalam halaman web adalah kejutan yang menyenangkan, yang 5800 tidak perlu boot program terpisah untuk menunjukkan Anda video YouTube misalnya.

Latar belakang ujung yang tipis menjadi hidup setelah Anda memiliki beberapa kontak, beberapa pengingat dan trek terjadi pada pemutar media. Ini menjadi pusat untuk mengakses semua fungsi sosial secara instan di ponsel Anda, baik itu teks atau gambar yang diunggah oleh teman, atau umpan status untuk melihat apa yang semua orang tahu saat ini. Antarmuka yang mengesankan yang mengintegrasikan apa yang awalnya fitur telepon yang berbeda.

Sebagai ponsel juga lebih dari kompeten, dengan fungsi panggilan mudah untuk berkeliling, dan kontak dapat mengganti aplikasi di layar beranda Anda untuk akses yang mudah.

Semua fitur-fitur terakhir ini menyimpan rahmat dalam handset yang memiliki beberapa cara untuk menemukan dirinya sendiri di pasar ponsel yang ramai. Ini adalah langkah pertama yang mengesankan, dan Nokia yakin untuk membangun 5800 XpressMusic dengan handset masa depan, tetapi untuk saat ini Tube akan menjadi ponsel yang paling cocok untuk pecinta musik yang keren, pengguna awal dan mereka yang ingin melihat apa yang produsen ponsel terbesar miliki. dilakukan untuk memerangi iPhone.

Write your comment Here