.

Citra Gelap – Batman dan Gotham City

Dari banyak buku komik yang diterbitkan ada beberapa yang memiliki banyak fleksibilitas seperti judul Batman. Sementara yang lain sering dikaitkan dengan aturan ketat mengenai citra positif karakter dan lingkungan "ramah keluarga", Batman dan rumah metropolitan Gothiknya terselubung misteri yang memungkinkan mereka untuk membengkokkan aturan sedikit. Hal ini dapat menyebabkan kemungkinan cerita yang menarik untuk Dark Knight yang tidak mungkin dalam judul buku komik lainnya. Horor, Noir, Misteri, Fiksi Ilmiah, Batman, dan latar belakang Gotham City dengan mudah cocok untuk semua genre ini karena citra gelap yang luas dalam pengetahuan Batman.

Kadang-kadang Batman ditampilkan sebagai pahlawan, kadang-kadang seorang pria yang merengek-runduk dalam balas dendam, dan itu bahkan telah mengisyaratkan bahwa dia sebenarnya sama psikotiknya dengan penjahat yang dia hilangkan, dan pada akhirnya mereka semua bekerja dan dibenarkan dalam lampu sendiri disediakan pola pikir yang tepat diadaptasi. Seorang pria mengenakan jubah hitam menguntit malam untuk perbuatan salah ke kanan: pahlawan. Seekor binatang yatim piatu sebagai seorang anak yang mencari banyak darah untuk kejahatan yang dilakukan terhadapnya: main hakim sendiri. Seorang pria dengan setelan kelelawar raksasa mengejar cebol yang terinspirasi Lewis Carroll yang mendesain topi jahat: orang gila.

Tergantung pada cara dia ditarik, diceritakan dan siapa dia diadu melawan Batman dapat mengambil banyak peran yang berbeda. Dalam cahaya yang sama, atau tidak ada (ini Batman yang kita bicarakan) Kota Gotham dapat mengubah latar cerita secara drastis tergantung pada inkarnasi yang digunakan.

Kota Gotham Bruce Wayne berjalan-jalan di siang hari sepertinya tidak lebih dari pusat bisnis kelas atas, karena distrik-distrik yang akan dikunjungi miliarder, yang memungkinkan Superman untuk sering berkunjung. Namun, menggali daerah kumuh, dengan jendela yang rusak dan naik ke rumah dan rumah yang dikutuk, menunjukkan tempat yang jauh lebih menyedihkan, tempat berkembang biak bagi kejahatan, terorganisir atau sebaliknya.

Arsitektur Gothic kota yang tinggi, lengkap dengan gargoyle menakutkan yang bertengger di atas bangunan, menciptakan perasaan baru sekaligus. Sebuah tempat dari film noir di mana jeritan darah yang mengental dapat menyebabkan detektif terhebat di dunia menjadi sebuah kasus yang tidak akan segera dilupakannya. Dan kemudian ada tempat-tempat Batman pergi di mana kita sering berharap dia tidak. Sudut-sudut tergelap yang paling gelap di sebuah kota di mana masuk akal setengah manusia setengah buaya bisa makan daging, atau badut yang membunuh bisa "menambahkan senyuman" ke wajah seseorang.

Batman dan Gotham City memungkinkan untuk semua cerita ini dan lebih banyak lagi karena mereka memiliki begitu banyak wajah yang berbeda bagi mereka. Cerita detektif, komik aksi, horor ketegangan, semuanya masuk akal di dunia itu. Itulah keindahan dari citra yang dipamerkan di komik-komik Batman, ini memungkinkan fleksibilitas buku komik dan menciptakan cerita yang hanya bisa berkembang di tempat seperti Gotham City.

Write your comment Here